Rencana Takeover KPR BTN ke Commonwealth Bank

Tulisan ini adalah bagian dari seri Financial Planner yang menyajikan serta mengulas tentang budgeting perencanaan keuangan yang di lakukan oleh rubbi dalam berinvestasi demi masa depan

Sudah seminggu ini saya dan Dull bersibuk-sibuk ria mempersiapan dokumen pendukung dalam skenario besar pengalihan atau bahasa kerennya TAKEOVER KPR ke Commonwealth Bank. Seperti kamu ketahui saya memang memiliki rekening Commonwealth, hhhmm mungkin terpaksa buat kali ya, secara dalam tulisan terdahulu berjudul “Memulai Reksa Dana” saya membeli reksa dana melalui Commonwealth Bank.

Jadi begini ceritanya!
Pada saat saya dan dull ingin memulai berinvestasi pada reksa dana, yang mana akhirnya kami memilih Commonwealth sebagai Bank distributor yang menjual reksa dana tersebut. Kami mendapat sebuah tawaran dari Relationship Manager Commonwealth Bank, dia berkata “kami sekarang hingga bulan april sedang ada promo KPR, dengan 2 tahun pertama itu cuma 9,75 setelah dua tahun 12%”, lalu dia bertanya?

Commbank: bapak sekarang bunga KPRnya berapa?
Dull: 15%
Commbank:Tinggi banget
Commbank: Jika bapak dan ibu tertarik, kami bisa melakukan Takeover ke bank ini, memang bank yang sekarang apa?
Dull: BTN

Singkat cerita sesampainya kami dirumah: nyalakan laptop, buka google, search: take over KPR ke Commbank. Setelah beberapa menit melakukan riset dan membaca tread di segala forum, ternyata Commbank ini masih tergolong pemain baru dalam perkreditan perumahan sehingga kami tidak menemukan banyak informasi tentang takeover ini di dunia maya, ehh yang banyak malah bank niaga [kayanya sering bermasalah tuh].

Setelah berlalu beberapa hari, ternyata Relationship Manager Commonwealth menelphone si Dull menanyakan bagaimana apakah kami tertarik untuk melakukan takeover ke Commbank?, dan si Dull menanyakan beberapa hal melalui email neh pertanyaannya?

Suami dan saya tertarik dg penawarannya , tapi ada beberapa yang mau kami confirm juga :

  • Mohon dijelaskan flow takeover nya , supaya kami tau apa saja yg musti dipersiapkan dan lain2 , juga yg berkaitan dg bank sebelumnya.
  • Untuk pengurusan take over ini kira2 berapa lama ya ?
  • Promonya kan hanya smp bulan april , trus kehamilan saya due di minggu ke 4 april, karena kebetulan perjanjian kredit dan surat2 berkaitan dg rumah atas nama saya.
  • Di KPR yg sekarang ini saya sudah dapat asuransi jiwa dan kebakaran , kalo misalnya asuransi kebakarannya tidak saya ambil bgm ? karena kalau tidak salah asuransi kebakarannya di KPR yg skg ini berlaku smp dg 15thn juga . Kalau asuransi jiwa, apakah harus ambil lagi juga ?
  • Biaya APHT itu apa ya ? mohon dijelaskan .
  • Trus apakah ada metode pembayaran di percepat , misalnya apabila ada rejeki , saya mau melakukan extra payment yg memotong pokok pinjamannnya , nanti cicilannya bisa direkalkulasi ulangkah ?
  • Bisa saya minta data bunga KPR yg di berikan commonwealth ke nasabahnya selama 3 thn terakhir ( tentu saja bukan yg fixed ) .
  • dari data masuk hingga akad kredit kira2 bisa berjalan berapa lama ?
  • karena terus terang kita gak mau kalo ternyata selesainya setelah melewati masa promo bunga efektif 9.75% itu dan penghematan yg mau dituju akhirnya tidak tercapai .

Jawaban?

Kelengkapan Dokumen

  1. Form aplikasi
  2. KTP suami dan istri
  3. Kartu Keluarga
  4. Akte Nikah
  5. NPWP
  6. Slip Gaji
  7. Rek Payroll ( 3 bln terakhir )
  8. Rek Debet angsuran ( 6 bulan terakhir )
  9. Sertifikat, IMB dan PBB

Untuk mekanisme Proses Take Over sbb :

  • Pengajuan aplikasi KPR Take over kita proses sampai dengan keluar approval.
  • Jika sudah approve , maka dari Pihak Combank akan melakukan cek intip jaminan ke Bank Sebelumnya. Jika hasil dari cek intip jaminan adalah OKE.
  • Maka baru dapat dilaksanakan akad kredit.
  • Setelah akad kredit maka untuk keperluan pengambilan jaminan asli dulakukan oleh Pihak Commbank ditemani oleh Cadeb

#KPR Takeover ini memungkinkan untuk pakai nama suami, berhubungan dengan asuransi dan masa kredit yang lebih leluasa. Untuk itu maka data yang dikumpulkan adalah data suami untuk no 1, 5, 6, dan 7.

#Untuk prosesnya dengan catatan data lengkap secepatnya dalam 2 minggu. Kemudian untuk dokumen2 boleh pakai fotokopi saja, tidak perlu yang dilegalisir.

  • Untuk Asuransi jiwa dan kebakaran wajib untuk diambil lagi dikarenakan ada perbedaan mengenai perusahaan asuransi, jangka waktu berlakunya ass tersebut dan nominal yang dipertanggungkan.
  • Just info , Asuransi yang Ibu sudah ambil di Bank sebelumnya dapat diurus mengenai refund ass tersebut. Sebaiknya coba di tanyakan mengenai kepastian refund dengan perusahaan asuransi terkait.
  • APHT adalah Akte Pembebanan Hak Tanggungan atau disebut juga Hipotik. Pengikatan untuk jaminan selama masa kredit KPR.
  • Untuk Pelunasan sebagian akan dikenakan biaya 0.5% dari julah yang akan dibayarkan. Dimana minimum jumlah untuk pelunasan sebagian adalah 5 x dari angsuran.
  • Sebelumnya : 9% fixed 1 tahun dan 10.5% fixed 2 tahun pertama
  • Saat ini : 8.75% fixed 1 tahun dan 10.75 fixed 2 tahun pertama

#Just info floating rate kita adalah 12% ( ter-rendah di market )

Berikut adalah ilustrasi yang diberikan oleh Commbank [ini hanya ilustrasi saja bukan asli] atau kamu ingin menghitungnya langsung di Commbank klik here

Dan akhirnya pada hari ini kami mensubmit kelengkapan dokumen guna take over, doakan supaya persyaratan kami di Approve ya, guna menghemat demi masa depan yang lebih baik.

14 thoughts on “Rencana Takeover KPR BTN ke Commonwealth Bank

  1. selamat pagi.
    saya ada minat utk take over rumah dari BTN.
    karena sayaada masalah keuangan dan ingin melunasi hutang2 saya. apakah bisa dibantu? tks

  2. Just want to share, jangan pernah mengambil KPR di Permata Bank, KPR saya di reject tanpa alasan yang jelas (lucu kan…..).

    rumah yang saya mau beli memang murah di taksir 167jt (yang di cairkan adalah 80% sekitar 130jt), kemudian pihak bank tlp saya menanyakan macem2 dan saya ceritakan saya punya budget 30jt sehingga yang saya pinjam rencananya 100jt. karena keterusterangan saya akhirnya pihak analis hanya menyetujui 100 jt dan 80%nya adalah 80 jt dan persyaratan nya KPR ditolak bila harga rumah di bawah 100jt.

    Sangat ironis rumah di taksir 167jt, dan saya baru hanya cerita kl plan saya hanya pinjam 100jt, tanpa ada pemberitahuan apapun kemudian 2 hari selanjutnya KPR saya di reject…….alasanya rumah yang di setujui di 100jt dan 80% hanya 80jt (dibwh 100jt)

    Suggest saya buat semua…jangan bercerita macem2 buat informasi bank walaupun hanya plan…….

    menurut teman2 apakah hal itu fair, saya sudah menghabiskan uang apraisal 500rb (hati2 terhadap team survey yang suka minta uang lagi), waktu dan tenaga hampir 2 minggu…..dan NIHIL.

  3. Dear All,
    Apabila ada rekan2 yang berminat untuk take over KPR ke Commonwealth, bisa menghubungi saya di :
    Telp : 022-91356916
    Hp : 081809973976
    Email : dikdik_comlife@yahoo.com
    Kode Agen : AG027866
    Insya Alloh akan kami bantu prosesnya.
    Thanks
    Warm regards
    Dikdik Setiadi

  4. Dear All,
    Apabila ada rekan2 yang berminat untuk take over KPR ke Commonwealth, bisa menghubungi saya di :
    Telp : 022-91356916
    Hp : 081809973976
    Email : dikdik_comlife@yahoo.com
    Kode Agen : AG027866

    Insya Alloh akan kami bantu prosesnya.

    Thanks
    Warm regards
    Dikdik Setiadi

  5. sudah di approve, dari pihak commbank semua selesai hanya dalam 2 minggu, tetapi dari pihak BTN seolah2 memperlambat takeover dengan segala macam alasan, sehingga memakan waktu 1 bulan untuk semua proses selesai,

    thanks

  6. di daftar syaratnya kok nggak ada syarat surat permanent employee ya? apa memang nggak ada syarat itu untuk KPR-nya? biasanya bank lain butuh syarat itu. tolong infonya ya. tertarik nih sama KPR commonwealth.

    • Dengan surat pernyataan gaji dari perusahaan mungkin itu yang menjadi pengganti keterangan bekerja. Untuk lebih detailnya persyaratannya bisa lihat di commbank.co.id

      Thanks

  7. makasih sharing-nya..saya juga lagi ngajuin take over kpr ke commenwealth, tapi dah 2 minggu ini belom ada kabar :(

    btw gimana kelanjutan take overnya…sukses kah?

    • Hello,

      Besok tanggal 6 rencananya akan ada apprisal agunan/survey rumah mudah2an lancar, tunggu posting selanjutnya ya

      Thanks

Leave a Reply